Tips Menghadapi Kegelisahan Jelang Ujian

Ujian seringkali menjadi saat-saat yang mendebarkan untuk dihadapi pelajar. Rasa was-was, takut, gelisah, dan tidak percaya diri seringkali membuat kita keringat dingin. Bahkan orang-orang yang biasanya paling pintar atau well-prepared pun merasakan hal itu. Ini terjadi karena ujian dianggap menentukan hasil kerja keras kita selama ini, dan tidak bisa dilakukan setiap hari atau semau kita. Ujian apapun itu.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips untuk membuat diri lebih terkontrol dalam menghadapi ujian:

1. Bangun pola belajar yang baik

Bangun Pola Belajar yang Baik

Belajarlah dengan baik dan sungguh-sungguh. Photo by pendidikankarakter.com

Rasa cemas dan gelisah dalam menghadapi ujian mayoritas disebabkan oleh ketidaksiapan untuk menghadapinya, dan ketidaksiapan yang banyak dialami adalah ketidaksiapan dalam penguasaan materi ujian. Salah satu cara paling efektif untuk menghindari hal itu adalah dengan membangun pola belajar yang baik, sesuai dengan gaya belajar kamu, untuk mendapatkan pemahaman terbaik tentang materi ujian. Menguasai materi dengan baik dapat membuatmu lebih tenang dalam mengerjakan soal.

2. Jangan SKS!

Jangan SKS

SKS bikin pusing! Photo by rrdini

Sering kita kenal istilah SKS (Sistem Kebut Semalam) di kalangan pelajar dan guru/dosen. Istilah ini merujuk pada kebiasaan pelajar untuk belajar dengan menghabiskan seluruh materi pelajaran dalam satu malam. Sebenarnya, guru, dosen, maupun orang tua sudah selalu mengingatkan anaknya untuk tidak memakai sistem ini. Karena jelas hasilnya tidak akan maksimal. Untuk terus mengingatkanmu, kami jadikan ini salah satu poin penting, agar kebiasaan SKS terus dikurangi, sebelum menyesal. Belajarlah dari awal periode belajar, perlahan, sedikit demi sedikit pahami materi, hingga menguasai seluruhnya. Di hari-hari jelang ujian, kamu bisa jauh lebih tenang dan tak perlu bersikap cemas.

3. Latihan yang Cukup

Latihan yang Cukup

Kerjakan sebanyak-banyaknya soal. Photo by suaramerdeka.com

Latihan yang cukup sangat diperlukan, terutama untuk pelajaran-pelajaran eksak seperti matematika. Latihan dalam pelajaran apapun perlu dilakukan untuk mengenal berbagai jenis soal yang mungkin keluar, sekaligus sebagai simulasi bagi kamu untuk menghadapi ujian. Semakin banyak kamu latihan, semakin banyak variasi soal yang kamu kuasai, semakin berkurang pula kegelisahan yang akan kamu alami.

4. Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup agar prima. Photo by newsmobile.in

Jelas, selain untuk untuk selalu menjaga kesehatan, tidur yang cukup akan membantumu untuk mengurangi rasa gelisah dalam menghadapi ujian. Kalau pada malam harinya kamu merasa sangat gelisah, tidur akan membuatmu lebih tenang di pagi harinya. Setidaknya jaga pola tidur kamu seminggu sebelum pekan ujian dimulai. Hal ini akan membuatmu dalam keadaan bugar dalam pekan ujian.

5. Makan yang Cukup

Makan yang Cukup

Makan yang cukup. Photo by galeriherbaltiens

Jangan pernah masuk ruang ujian dengan perut dalam keadaan kosong. Rasa lapar hanya akan menambah gangguanmu dalam menghadapi ujian. Jangan sampai deh, di waktu ujian kamu malah kehilangan fokus gara-gara lapar. Lagipula, belajar di last minute dengan menunda makan tidak akan benar-benar membantumu memahami materi, kok.

6. Bersikap Positif dan Rileks

Bersikap Positif dan Rileks

Rileks, jangan panik. Photo by modaelooks.pt

Sugesti. Arahkan pikiran dan badanmu untuk bersikap positif dan rileks dalam menghadapi ujian. Betapapun sulitnya, melakukan hal ini sangatlah penting untuk membuang rasa cemas dan gelisah. Bersihkan kepala kamu dari hal-hal negatif, dan tumbuhkan pikiran positif untuk menghadapi ujian. Pikirkan nilai bagus yang akan kamu dapatkan kalau kamu berjuang maksimal dalam ujian, liburan menyenangkan bersama keluarga, dll. Pikiran yang bersih akan mengangkat performamu dalam ujian.

Smart Buddies, seperti namanya, ujian adalah saatnya kamu diuji atas pemahaman kamu dalam belajar. Jadi sebenarnya, kalau pemahaman kamu sudah baik, dengan persiapan baik, serta kondisi tubuh dan emosi juga baik, tak ada yang perlu dikhawatirkan. Tegakkan badan dan kepala, pasang senyum percaya diri, dan melangkahlah ke kelas dengan optimis! Semoga sukses!