Cara Efektif Belajar SBMPTN

Spread the love

Sobat edcent tahukah kalian kalau SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang setiap tahun jumlah pengikutnya selalu meningkat. Nah jika sobat edcent sekarang telah duduk dibangku kelas 12 SMA/SMK, tidak ada salahnya kalian mulai membuat persiapan untuk menghadapi SBMPTN nantinya. Semakin cepat kalian mempersiapkan diri maka semakin maksimal juga persiapan kalian dan akan memberikan hasil yang lebih bagus.
Persiapan ini tidak hanya dengan belajar SBMPTN melalui berbagai materi yang lengkap saja, tapi sobat edcent juga butuh membuat langkah strategis loh. Berikut ini ada beberapa cara efektif belajar SBMPTN yang dapat sobat edcent ikuti.
1. Berlatih soal SBMPTN tahun lalu
Cara efektif belajar SBMPTN yang pertama sekali harus sobat edcent lakukan adalah berlatih mengerjakan soal-soal SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya. Kalian bisa mendapatkan soal-soal SBMPTN dari internet atau bisa juga kalian pinjam buku kumpulan soal SBMPTN yang dimiliki oleh senior kalian. Dengan mengerjakan soal-soal dari tahun lalu ini kalian dapat memprediksi tingkat kesulitan dari soal tersebut.
Selain itu kalian juga dapat mengetahui sub materi apa saja yang paling banyak keluar di soal SBMPTN, sehingga kalian bisa mempersiapkan diri belajar lebih banyak tentang materi tersebut. Semakin banyak soal yang sobat edcent kerjakan maka kalian akan semakin terbiasa juga menyelesaikan soal-soal tersebut dengan waktu yang lebih cepat
2. Lakukan Evaluasi Kesiapan
Setelah mengerjakan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya pastikan sobat edcent melakukan evaluasi diri. Kalian bisa mengevaluasi soal mana saja yang sudah bisa kalian kerjakan dengan mudah dan soal mana yang butuh untuk dipelajari lebih lanjut. Setiap selesai mengerjakan soal SBMPTN pastikan juga kalian mengecek kunci jawaban dan cara penyelesaiannya, karena itu akan membantu kalian untuk lebih paham cara mengerjakan soal tersebut dengan lebih cepat.
Jika masih ada soal-soal yang tidak bisa kalian pahami dan kerjakan dengan baik, kalian bisa mencoba mencari trik-trik mengerjakan soal SBMPTN di internet, dan bahkan untuk lebih efektif kalian bisa belajar bersama teman yang sudah mengerti. Lalu kalian juga bisa menyiasatinya dengan cara ikut bimbingan belajar SBMPTN, karena disana kalian akan diajarkan cara mengerjakan soal SBMPTN dengan lebih mudah.
3. Membuat rangkuman materi
Materi SBMPTN diambil dari pelajaran kelas 10 sampai dengan 12. Namun tidak semua materi pelajaran tersebut keluar di soal SBMPTN. Jadi agar kalian bisa belajar dengan lebih efektif kalian bisa mencoba merangkum materi-materi yang paling banyak keluar di soal SBMPTN saja.
Setelah mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya sobat edcent pasti akan melihat apa saja materi yang sering muncul dan apa materi yang tidak ada. Nah kalian bisa fokus ke materi pelajaran yang ada di soal-soal itu dan membuat rangkuman khusus sehingga bisa fokus memperdalam materi itu saja. Dengan demikian kalian tidak perlu membuang-buang waktu mempelajari semua materi pelajaran dari kelas 1 tersebut yang jumlahnya sangat banyak
4. Buat jadwal belajar
Setelah merangkum materi pelajaran untuk menghadapi SBMPTN, sobat edcent bisa mulai mengatur jadwal belajar kalian. Buatlah jadwal belajar dengan target-target yang jelas setiap minggunya. Jadwal belajar akan membantu kalian mengalokasikan waktu dengan baik untuk mengatur kapan harus mengulang materi yang belum dipahami dan mengatur berapa banyak soal yang harus kalian kerjakan.
5. Ikuti try out
Cara belajar efektif terakhir yang bisa sobat edcent lakukan adalah mengikuti try out SBMPTN. Try out akan membantu kamu mengetahui seberapa dalam kemampuan kamu dalam memahami materi dan seberapa cepat kamu bisa menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Dengan mengikuti try out kamu juga bisa memprediksi seberapa efektif cara belajar yang telah kamu lakukan dan apa langkah untuk meningkatkan hasil SBMPTN kamu nantinya.
Untuk try out ini sobat edcent bisa mengikuti berbagai try out mandiri maupun try out bersama yang sering diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan. Jadi pastikan sobat edcent mengikuti banyak try out untuk mengetahui kemampuan kalian ya
Nah itu lah 5 cara efektif belajar SBMPTN yang bisa sobat edcent lakukan demi masuk ke perguruan tinggi yang kalian inginkan. Untuk sobat edcent yang ingin belajar SBMPTN dengan video belajar yang lengkap dan menarik kalian bisa langsung klik link ini https://edcent.id/katalog/edplay/sbmptn-dan-ujian-mandiri

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *